Bab 1: Tentang Informatika
Pertemuan 1: Pengantar Mata Pelajaran Informatika Kelas XI
Pertemuan 2: Pilar Pengetahuan Informatika dan Kurikulum
Pertemuan 3: Hubungan Informatika dengan STEAM dan Kehidupan Nyata
Pertemuan 4: Diskusi Reflektif dan Rencana Belajar Informatika
Bab 2: Strategi Algoritmik dan Pemrograman
Pertemuan 5: Proses Pemrograman
Pertemuan 6: Studi Kasus Jenis Segitiga dan Siklus Pengembangan Program
Pertemuan 7: Praktik Dokumentasi dan Pengujian Program
Pertemuan 8: Konsep dan Penerapan Rekursi
Pertemuan 9: Latihan Rekursi dan Relasi Rekurensi
Pertemuan 10: Konsep Algoritma Greedy dan Studi Kasus
Pertemuan 11: Penerapan Pemrograman Dinamis
Pertemuan 12: Larik dan String dalam Pemrograman
Pertemuan 13: Latihan Lintas Bidang Pemrograman (Proyek Simulasi)
Pertemuan 14: Proyek Praktik Lintas Bidang – Pendalaman Permasalahan
Pertemuan 15: Proyek Praktik – Kasus Knapsack
Bab 3: Berpikir Kritis dan Dampak Sosial Informatika
Pertemuan 16: Pengantar Berpikir Kritis dan Dunia Sekitar
Pertemuan 17: Proses Pengambilan Keputusan dan Elemen Berpikir
Pertemuan 18: Kajian Informatika di Bidang Pertanian
Pertemuan 19: Kajian Informatika di Bidang Kesehatan
Pertemuan 20: Diskusi dan Refleksi Dampak Sosial
Bab 4: Jaringan Komputer dan Internet
Pertemuan 21: Topologi dan Model Jaringan Komputer
Pertemuan 22: Transmisi Data – Switching, Kesalahan, Digital vs Analog
Pertemuan 23: Teknik Pengkodean dan Modulasi Data
Bab 5: Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Library Kecerdasan Artifisial
Pertemuan 24: App Inventor dan Jenis Aplikasi
Pertemuan 25: Membuat Aplikasi Mobile Sederhana
Pertemuan 26: Pengenalan AI dan Library App Inventor
Pertemuan 27: Proyek Aplikasi AI – Gambar, Klasifikasi, dan Testing
Bab 6: Proyek Analisis Data – “Hutanku Dulu, Kini, dan yang Akan Datang”
Pertemuan 28: Pengarahan Guru dan Observasi
Pertemuan 29: Pelaksanaan Proyek dan Pengolahan Data
Pertemuan 30: Refleksi dan Presentasi Hasil Proyek