Tujuan Pembelajaran:
-
Memahami pengertian informatika sebagai bidang ilmu.
-
Menjelaskan pentingnya informatika di era digital dan revolusi industri 4.0.
-
Mengaitkan informatika dengan kehidupan sehari-hari dan berbagai bidang pekerjaan.
-
Menyadari kebutuhan berpikir komputasional dalam menghadapi perkembangan teknologi.
Materi Inti:
-
Definisi Informatika
-
Perbedaan Informatika dengan Teknologi Informasi dan TIK
-
Sejarah singkat dan alasan kenapa informatika diajarkan di SMA
-
Dunia digital, Industri 4.0 dan Society 5.0
-
Contoh nyata penerapan informatika dalam kehidupan sehari-hari
-
Dampak informatika terhadap dunia kerja dan sosial
Aktivitas Pembelajaran:
-
Diskusi kelas: Apa saja teknologi yang sering digunakan siswa dan bagaimana pengaruhnya dalam kehidupan?
-
Pemantik: Video pendek atau gambar terkait perubahan cara belanja, belajar, dan bekerja karena digitalisasi.
-
Tugas Individu: Menuliskan pengalaman pribadi dalam menggunakan teknologi (misalnya pembelajaran daring atau transaksi digital).
-
Refleksi: Menjawab pertanyaan "Apa yang terjadi jika teknologi informatika tidak berkembang seperti sekarang?"
Penilaian:
-
Formatif: Kuis singkat 5 soal (pengertian dan contoh informatika)
-
Refleksi tertulis: Dampak teknologi dalam kehidupan siswa
-
Partisipasi diskusi
Catatan Guru:
-
Pastikan siswa bisa membedakan antara informatika, TIK, dan teknologi informasi.
-
Tekankan bahwa informatika bukan hanya tentang komputer, tapi juga tentang berpikir logis dan strategis (computational thinking).